Google Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

17 Januari 2009

Tips Penggunaan Flashdisk Agar Tahan Lama

. 17 Januari 2009
Bookmark and Share

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan data yang sangat digandrungi sekarang, selain karena “mobile” (mudah dibawa), kapasitas penyimpanan besar juga sederhana dalam penggunaannya. Walaupun demikian masih sedikit yang memperhatikan cara pemakaian yang baik dan perawatannya.


1. Hindari langsung mengolah data dari flasdisk

“Semakin banyak kamu mengolah berbagai data langsung dari flashdisk, semakin pendek pula umur pemakaiannya”. Coba kamu lihat di manual bukunya atau informasi lain yang menyangkut tentang flashdisk kamu. Berapa spesifikasi baca-tulis, biasanya dinyatakan dengan 100.000 baca/tulis (tergantung spesifikasi tiap flasdisk). Jadi disarankan bila kamu ingin mengolah data jangan langsung dari flashdisk. Namun copy dulu datanya ke hard disk komputer kamu, baru kemudian diolah.


2. Hindari penyimpanan file dalam jumlah sangat besar

Sebaiknya file yang besar tersebut dikompresi (7z, zip, rar, de-el-el), sehingga ukuran file tersebut akan lebih kecil. Karena “semakin besar file yang tersimpan, maka proses menulis flashdisk juga akan lebih banyak”.

3. Segera lepaskan flashdisk dari komputer, apabila sudah tidak digunakan lagi

USB flasdisk akan aktif bila ada arus listrik yang berasal dari USB komputer. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti : listrik padam, arus down, dan sebagainya, sebaiknya lepaskan flasdisknya daripada berlama-lama tapi tidak digunakan lagi.
Intermezzo :
Apalagi bagi orang yang “pelupa”, kalau kelamaan mencolok flasdisk bisa lupa ngelepasinnya. Kemudian ketinggalan, terus raib ke tangan orang lain.
Disamping itu juga, flashdisk akan terjaga dari ekstension-ekstension file asing yang berusaha/memaksa masuk ke dalam data flashdisk tersebut.

4. Selalu lepaskan flasdisk dari komputer melalui “Safety Remove Hardware”

Sangat tidak direkomendasikan apabila flashdisk masih dalam proses membaca/menulis, karena bisa mengakibatkan kehilangan data bahkan yang lebih parah flasdish mengalami kerusakan.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tukar Link dan Promosi Website - Webkios Direktori gratis untuk promosi dan tukar link website indonesia dengan berbagai macam kategori. Tambahkan website anda sekarang!

Posting yang Berkaitan :

 

Komunitas Blog Indonesia

blog-indonesia.com Indonesia-Blogger-Community KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blog Direktori

Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directory
Blog Directory & Search engine
Internet Blogs - Blog Catalog Blog Directory


Suka-Suka.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com
Suka-Suka.com | Fitur Gratisan Internet, SEO, Trik Blogger, Review dan Download Freeware atau Software